Langsung ke konten utama

Pembelajaran, Kurikulum dan Pendidikan... Tugas Kuliah Cuy !!

Assalamu'alaikum.....

Baru pertama kali nih entri tulisan, mudah-mudahan bermanfaat buat yang baca, dan mudah-mudahan dapet nilai yang baik dari Ibu Ica hehehehe...

Kalo ada koreksian tolong tulis komentarnnya ya di bawah

Di bawah ini ada tulisan mengenai pembelajaran, kurikulum, dan pendidikan, selamat membaca :)

Pembelajaran dan kurikulum merupakan 2 dari beberapa komponen yang membentuk pendidikan, nah bagi teman-teman yang masih belum tahu apa itu pembelajaran, apa itu kurikulum, dan apa itu pendidikan, silahakan scroll down page ini yah ! :)

1. Pengertian Pembelajaran

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pembelajaran adalah proses, cara, perbuatan yang menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Sedangkan definisi belajar itu adalah usaha dalam memperoleh kepandaian atau ilmu. Jadi menurut KBBI pembelajaran adalah proses, cara, perbuatan yang menjadikan manusia atau makhluk hidup untuk memperoleh kepandaian atau ilmu.

Menurut Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 20 pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

Menurut pendapat Sudjana pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap upaya yang sistematik dan sengaja untuk menciptakan agar terjadi kegiatan interaksi edukatif antara dua pihak, yaitu antara peserta didik (warga belajar) dan pendidik (sumber belajar) yang melakukan kegiatan membelajarkan

Dari pemaparan beberapa definisi pembelajaran di atas, saya menyimpulkan pembelajaran adalah proses, cara, dan perbuatan yang sistematik yang terjadi antara peserta didik dan pendidik untuk memperoleh kepandaian atau ilmu. Nah definisi ini dalam ruang lingkup pendidikan jika dalam arti yang luas pembelajaran dapat diartikan sebagai proses, cara, perbuatan dalam usaha merubah perilaku ke arah yang lebih baik, baik melalui kegiatan belajar-mengajar ataupun dari pengalaman pribadi baik disadari ataupun tidak disadari. Itu menurut saya temen-temen, anda mau berpendapat sendiri ? :)

2. Pengertian Kurikulum

Kurikulum berasal dari bahasa latin yaitu curir yang berarti pelari dan curere yang berarti tempat berpacu bila digabungkan dapat diartikan menjadi jarak yang ditempuh dari start sampai dengan finish seorang pelari untuk mendapatkan mendali. Jika diadopsi dalam dunia pendidikan tentu pengertiannya akan lain, di bawah ini ada beberapa pengertian kurikulum.

Menurut KBBI kurikulum adalah  perangkat mata pelajaran yang diajarkan pada lembaga pendidikan, bisa juga perangkat mata kuliah mengenai bidang keahlian khusus.

Menurut Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 19 kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Menurut Cow Cow kurikulum adalah rancangan pengajaran atau sejumlah mata pelajaran yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan suatu program untuk memperoleh ijazah.

Menurut Hilda Taba kurikulum adalah sebuah rancangan pembelajaran, yang disusun dengan mempertimbangkan berbagai hal mengenai proses pembelajaran serta perkembangan individu

Dari beberapa pengertian kurikulum diatas maka saya simpulkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rancangan mengenai rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan yang akan diajarkan yang disusun dari hasil berbagai pertimbangan dari fakta dan evaluasi masa lalu mengenai proses pembelajaran yang nanti digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan dari pendidikan. 

3. Pengertian Pendidikan

Nah sekarang masuk ke pengertian pendidikan

Menurut KBBI proses, cara pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; perbuatan mendidik.

Menurut Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1 pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Menurut Edgar Dalle pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan yang berlangsung disekolah dan diluar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang.

Menurut Ki Hajar Dewantara pendidikan adalah daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran, serta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya.

Nah sekarang bagian kesimpulan dari saya, menurut saya pendidikan adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk memberikan pembelajaran kepada peserta didik dalam memperlihatkan serta meningkatkan potensi pada dirinya melalui berbagai kegiatan bisa melalui bimbingan, pengajaran ataupun latihan baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah.

4. Hubungan antara Pembelajaran Kurikulum dan Pendidikan

Dari kesimpulan yang sudah saya jelaskan, sekarang saya akan memberikan penjelasan mengenai hubungan antara pembelajaran, kurikulum dan pendidikan

Dalam kegiatan pendidikan terdapat kegiatan pembelajaran juga perancangan kurikulum, pendidikan tidak akan berjalan jika tidak dibuat kurikulum yang jelas. Karena dalam kurikulum terdapat sebuah rancangan mengenai tujuan dari pendidikan, cara mewujudkan tujuan tersebut, serta bahan bahan yang diperlukan dalam mencapai tujuan pendidikan. Namun kurikulum pun akan menjadi sebuah rancangan belaka jika tidak diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran adalah ujung tombak dari terlaksananya kegiatan pendidikan karena ini adalah aplikasinya. Pada intinya kurikulum dan pembelajaran saling melengkapi dari terlaksananya tujuan pendidikan. :)

Ya begitulah temen-temen pengertian pembelajaran, kurikulum dan pendidikan serta hubungannya satu dengan yang lainnya. Sekian dulu tulisan dari saya untuk halaman ini.

Assalamu'alaikum :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume : Teori Belajar Kognitif Gestalt

Setelah mempelajari teori belajar disiplin mental, dan behaviorisme selanjutnya akan dijelaskan mengenai teori belajar kognitif gestalt, selamat membaca :) A, Pengertian Kognitif  erat kaitannya dengan mental, yakni mempelajari proses mental, bagaimana orang berfikir, merasakan, mengingat dan belajar. Kemudian berhubungan pula dengan topik perhatian, persepsi, memori, bahasa, berpikir, dan membuat keputusan. Kognitif dapat dimaknai juga sebagai psikologi khusus pada pemahaman dan pengetahuan dalam mempelajari proses mental. Istilah ‘Gestalt’ sendiri merupakan istilah bahasa Jerman yang sukar dicari terjemahannya dalam bahasa-bahasa lain. Arti Gestalt bisa bermacam-macam sekali, yaitu ‘form’, ‘shape’ (dalam bahasa Inggris) atau bentuk, hal, peristiwa, hakikat, esensi, totalitas. Terjemahannya dalam bahasa Inggris pun bermacam-macam antara lain ‘shape psychology’, ‘configurationism’, ‘whole psychology’ dan sebagainya. Karena adanya kesimpangsiuran dalam penerjemahannya, akhir...

Hakikat Teori

Assalamu'alaikum.. Ketemu lagi nih sama saya, sekarang pembahasannya mengenai Hakikat Teori temen-temen... Sama sih seperti postingan sebelumnya, ini juga tugas dari Ibu Ica. Walaupun tuntutan tugas mudah mudahan saya bisa meluruskan niat untuk banyak memberikan manfaat, selamat membaca :) 1. Hakikat Teori Makanan apa sih hakikat itu ? Kalo teori jajanan apa ya ? Jangan ngawur, sebelum bertanya mari kita lihat Kamus Besar Bahasa Indonesia dulu, oke ? Menurut KBBI hakikat adalah 1 intisari atau dasar, 2 kenyataan yang sebenarnya (sesungguhnya). Menurut Jalius HR hakikat merupakan inti pokok dari sesuatu, dengan hakikat itulah sesuatu bereksistensi. Jadi misalnya pada Pembelajaran, pada hakikatnya pembelajaran itu harus ada pendidik, interaksi, dan peserta didik, kalau tidak ada walaupun hanya salah satu dari ketiganya maka tidak bisa disebut pembelajaran.  Nah sekarang masuk ke apa itu teori ? Menurut KBBI teori adalah 1 pendapat yg didasarkan pd penelitian dan pene...