Langsung ke konten utama

Mengajar

Assalamu'alaikum Wr Wb :)

Selamat malam pembaca setia blog saya :)
(siapa ya pembaca setianya??? Bu Nisa aja deh kayaknya hhe)

Ya dalam kesempatan sekarang ini saya akan posting tentang Mengajar.
Sebelum masuk ke pembahasan saya sempet bingung nih sama tugas sekarang, kenapa temen-temen banyak yang posting tentang belajar, dan pembelajaran yah ? padahal yang kemarin disuruh sama bapak itu tentang mengajar, Apa itu mengajar ? itu tugasnya, memang teman-teman saya itu pada rajin, terlalu rajin hehehehehe....

Bismillah, oke sekarang masuk ke materi ya.. Apa itu Mengajar ???

Mengajar atau "teach" berasal dari bahasa inggris kuno yaitu taecan. Kata ini berasal dari bahasa Jerman kuno (Old Teutenic) taikjan, yang berasal dari kata dasar teik, yang berarti memperlihatkan. Kata tersebut juga ditemukan dalam bahasa sansekerta dic. Yang dalam bahasa Jerman kuno dikenal sebagai deik. Istilag mengajar (teach) juga berhubungan dengan token yang berarti tanda atau simbol. Kata token juga berasal dari bahasa Jerman kuno taikom, yaitu pengetahuan dari taikjan. Dalam bahasa Inggris kuno taecan berarti to teach (mengajar). Dengan demikian, token dan teach secara historis memiliki keterkaitan.To teach (mengajar) dilihat dari asal-asal katanya berarti memperlihatkan sesuatu kepada seseorang melalui tanda atau simbol; penggunaan tanda atau simbol itu dimaksudkan untuk membangkitkan atau menumbuhkan respons mengenai kejadian, seseorang, observasi, penemuan, dan lain sebagainya. Sejak tahun 1500-an definisi mengajar (to teach) mengalami perkembangan secara terus-menerus.

Secara deskriptif mengajar diartikan sebagai proses penyampaian informasi atau pengetahuan dari guru kepada siswa. Proses penyampaian ilmu sering disebut sebagai proses mentransfer ilmu. Dalam konteks ini, mentransfer tidak diartikan memindahkan, seperti misalnya mentransfer uang, namun diartikan sebagai proses penyebarluasan, seperti menyebarluaskan api.

Untuk proses mengajar sebagai pproses menyampaikan ilmu pengetahuan akan lebih tepat jika diartikan sebagai menanamkan ilmu pengetahuan seperti yang dikemukakan oleh smith (1987) bahwa mengajar adalah menanamkan pengetahuan dan keterampilan.

Menurut KBBI mengajar adalah memberi pelajaram atau melatih. Pastinya dalam dunia pendidikan tidak mungkin kita menajarkan binatang, jadi yang dimaksud diberi pelajaran, atau dilatih disini objeknya adalah peserta didik yakni manusia

Telah kita ketahui bahwa belajar adalah perubahan perilaku yang bertahan lama, atau dalam kapasitas berperilaku dengan cara tertentu, yang dihasilkan dari praktik atau bentuk-bentuk pengalaman lainnya.

Nah mengajar ini merupakan sebuah aktivitas dimana objek yang satu memberikan/menyampaikan bahan ajar kepada objek yang lainnya. Objek yang menyampaikan disebut Pengajar/Guru sedangkan objek yang dikenakan bahan ajar ialah peserta didik.

Maka dapat kita simpulkan bahwa mengajar adalah sebuah aktivitas yang dilakukan oleh satu pihak kepada pihak lain dalam rangka melakukan perubahan perilaku yang bersifat tahan lama, atau dalam kapasitas berperilaku denagn cara tertentu, yang dihasilkan dari praktik atau bentuk-bentuk pengalaman lainnya.

Menurut UU No 20 Tahun 2003 pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pengajar dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

Jadi pembelajaran adalah suatu keadaan dimana di dalamnya terdapat interaksi yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik dalam rangka merubah tingkah laku peserta didi.

Sekian penjelasan mengajar dan sedidik penjelasan mengajar dari saya, mudah-mudahan banyak manfaatnya. Terimakasih. Assalamu'alaikum :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume : Teori Belajar Kognitif Gestalt

Setelah mempelajari teori belajar disiplin mental, dan behaviorisme selanjutnya akan dijelaskan mengenai teori belajar kognitif gestalt, selamat membaca :) A, Pengertian Kognitif  erat kaitannya dengan mental, yakni mempelajari proses mental, bagaimana orang berfikir, merasakan, mengingat dan belajar. Kemudian berhubungan pula dengan topik perhatian, persepsi, memori, bahasa, berpikir, dan membuat keputusan. Kognitif dapat dimaknai juga sebagai psikologi khusus pada pemahaman dan pengetahuan dalam mempelajari proses mental. Istilah ‘Gestalt’ sendiri merupakan istilah bahasa Jerman yang sukar dicari terjemahannya dalam bahasa-bahasa lain. Arti Gestalt bisa bermacam-macam sekali, yaitu ‘form’, ‘shape’ (dalam bahasa Inggris) atau bentuk, hal, peristiwa, hakikat, esensi, totalitas. Terjemahannya dalam bahasa Inggris pun bermacam-macam antara lain ‘shape psychology’, ‘configurationism’, ‘whole psychology’ dan sebagainya. Karena adanya kesimpangsiuran dalam penerjemahannya, akhir...

Pembelajaran, Kurikulum dan Pendidikan... Tugas Kuliah Cuy !!

Assalamu'alaikum..... Baru pertama kali nih entri tulisan, mudah-mudahan bermanfaat buat yang baca, dan mudah-mudahan dapet nilai yang baik dari Ibu Ica hehehehe... Kalo ada koreksian tolong tulis komentarnnya ya di bawah Di bawah ini ada tulisan mengenai pembelajaran, kurikulum, dan pendidikan, selamat membaca :) Pembelajaran dan kurikulum merupakan 2 dari beberapa komponen yang membentuk pendidikan, nah bagi teman-teman yang masih belum tahu apa itu pembelajaran, apa itu kurikulum, dan apa itu pendidikan, silahakan scroll down page ini yah ! :) 1. Pengertian Pembelajaran Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pembelajaran adalah proses, cara, perbuatan yang menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Sedangkan definisi belajar itu adalah usaha dalam memperoleh kepandaian atau ilmu. Jadi menurut KBBI pembelajaran adalah proses, cara, perbuatan yang menjadikan manusia atau makhluk hidup untuk memperoleh kepandaian atau ilmu. Menurut Undang-Undang No 20 Tahun...

Hakikat Teori

Assalamu'alaikum.. Ketemu lagi nih sama saya, sekarang pembahasannya mengenai Hakikat Teori temen-temen... Sama sih seperti postingan sebelumnya, ini juga tugas dari Ibu Ica. Walaupun tuntutan tugas mudah mudahan saya bisa meluruskan niat untuk banyak memberikan manfaat, selamat membaca :) 1. Hakikat Teori Makanan apa sih hakikat itu ? Kalo teori jajanan apa ya ? Jangan ngawur, sebelum bertanya mari kita lihat Kamus Besar Bahasa Indonesia dulu, oke ? Menurut KBBI hakikat adalah 1 intisari atau dasar, 2 kenyataan yang sebenarnya (sesungguhnya). Menurut Jalius HR hakikat merupakan inti pokok dari sesuatu, dengan hakikat itulah sesuatu bereksistensi. Jadi misalnya pada Pembelajaran, pada hakikatnya pembelajaran itu harus ada pendidik, interaksi, dan peserta didik, kalau tidak ada walaupun hanya salah satu dari ketiganya maka tidak bisa disebut pembelajaran.  Nah sekarang masuk ke apa itu teori ? Menurut KBBI teori adalah 1 pendapat yg didasarkan pd penelitian dan pene...